Menu

Mode Gelap
 

Artikel · 4 Jul 2024 21:44 WIB

Pentingnya Membangun Networking bagi Mahasiswa


Pentingnya Membangun Networking bagi Mahasiswa Perbesar

Di era globalisasi dimana teknologi semakin berkembang dengan cepat, keterampilan networking menjadi salah satu hal yang tidak dapat diabaikan, khususnya bagi mahasiswa. Networking atau bisa disebut dengan menjalin relasi dan membangun jaringan merupakan keterampilan yang tidak hanya seputar bagaimana mengenal banyak orang, tetapi networking adalah tentang bagaimana menciptakan hubungan yang memberikan kesan positif dan tentunya akan sangat diperlukan dalam perkembangan karier. Tak heran jika mahasiswa berlomba – lomba untuk membangun networking yang baik. Berikut beberapa alasan mengapa networking sangat penting bagi mahasiswa.

1. Informasi Seputar Dunia Kerja

Bagi mahasiswa, mendapat pekerjaan yang bagus dan sesuai dengan ekspektasi adalah hal yang sangat diimpikan. Salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk mendapat pekerjaan adalah dengan memiliki networking yang bagus. Dengan networking yang bagus, mahasiswa akan mendapatkan informasi terkait peluang pekerjaan.

2. Membangun Reputasi

Dengan networking yang bagus, mahasiswa tentunya dapat membangun reputasi yang profesional. Dengan menghadiri kegiatan yang dapat menambah relasi tentunya akan meninggalkan kesan sebagai individu yang berdedikasi dan aktif. Reputasi yang bagus dapat menjadi point plus ketika mendaftar pekerjaan.

3. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Dalam proses membangun networking, Anda akan belajar bagaimana cara berkomunikasi dengan baik, jelas, dan percaya diri. Keterampilan berkomunikasi adalah hal yang berharga dalam menciptakan kehidupan yang profesional.

4. Pengalaman Orang Lain

Berinteraksi dengan banyak orang membuat Anda akan mendengar banyak cerita yang kadang tidak pernah Anda pikirkan. Pengalaman dari orang lain dapat dijadikan sebagai pembelajaran dan wawasan berharga tentang kehidupan.

Menyadari bahwa membangun networking sangat penting bagi mahasiswa memunculkan pertanyaan bagaimana untuk membangun networking yang efektif?

Berikut adalah 3 langkah yang dapat diambil untuk menjawab pertanyaan diatas.

1. Mengikuti Organisasi Kampus

Suatu universitas tentunya memiliki banyak organisasi di dalamnya yang berfokus pada berbagai bidang. Ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk membangun relasi yang efektif dalam lingkup internal kampus. Organisasi menjadi tempat yang sesuai untuk mahasiswa dalam memulai membangun suatu relasi.

2. Menghadiri Seminar dan Workshop

Seminar dan workshop seringkali dihadiri oleh pembicara-pembicara yang profesional. Seminar dan workshop dapat dijadikan wadah untuk membangun relasi karena dengan menghadiri seminar dan workshop, Anda akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Seminar dan workshop juga menjadi wadah untuk mengembangkan keterampilan baru.

3.     Social Branding

Di era yang serba internet ini tentunya adalah hal yang bagus jika memanfaatkan media sosial untuk membangun networking. Linkedln menjadi salah satu contoh platform yang banyak digunakan untuk membangun networking. Buatlah profil yang menarik dan ceritakan keterampilan yang Anda miliki di platform tersebut.

Dengan membangun networking yang bagus, Anda akan membuka peluang karir yang lebih luas. Mulailah membangun networking dari sekarang dan lihat bagaimana hal ini akan membawa Anda menuju masa depan yang sukses.

(Erna/POTLOT)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Tren Terbaru di Kalangan Mahasiswa Tahun 2024

18 Juli 2024 - 08:22 WIB

Cara Membuat Visa Jepang, Bisa Multiple Entry loh!

15 Juli 2024 - 18:58 WIB

Penggunaan Media  Sosial sebagai Sumber Berita oleh Jurnalis

30 Juni 2024 - 19:22 WIB

Menjembatani Kesenjangan : Memberdayakan Perempuan Untuk Memimpin

30 Juni 2024 - 19:19 WIB

Dinamika Sosial dan Ekonomi: Bagaimana Gen Z dan Milenial Membentuk Ulang Dunia di Kota Semarang

22 Juni 2024 - 16:11 WIB

Doxing di Kalangan Mahasiswa: Fenomena yang Mengkhawatirkan

31 Mei 2024 - 14:16 WIB

Trending di Artikel