Menu

Mode Gelap
 

Berita · 7 Agu 2023 06:07 WIB

Mahasiswa Undip Gelar Sosialisasi Pentingnya Menjaga Lingkungan agar Tidak Terdampak ke dalam Psikologis pada Masyarakat Desa Puron


Mahasiswa Undip Gelar Sosialisasi Pentingnya Menjaga Lingkungan agar Tidak Terdampak ke dalam Psikologis pada Masyarakat Desa Puron Perbesar

Gambar Kegiatan Sosialisasi ”pentingnya menjaga pada masyarakatDesa Puron”

Sumber Foto : Dokumen Pribadi

Dukuh Platar (21/07) — Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II dari Universitas Diponegoro (Undip) gelar sosialisasi pentingnya menjaga lingkungan untuk mencegah dampak psikologis pada masyarakat Desa Puron.

Dalam upaya untuk memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Desa Puron, kelompok KKN Tim II Undip berkomitmen untuk tidak hanya fokus pada proyek fisik, tetapi juga memperhatikan dampak sosial dan psikologis dari kegiatan yang mereka lakukan. Kegiatan ini digelar pada tanggal 21 Juli, mulai pukul 19.30 sampai 22.00 WIB di posko KKN Tim II Undip, Dukuh Platar Desa Puron.

Berdasarkan observasi yang dilakukan, mayoritas masyarakat di desa Puron khususnya di Dukuh Platar masih membakar sampah untuk mengurangi limbah. Pembiasaan yang dilakukan masyarakat yaitu membakar sampah. Hal tersebut tidak hanya merugikan ekosistem, tetapi juga dapat berdampak pada kesejahteraan psikologis masyarakat. Adapun dampak dari membakar sampah bagi psikis manusia yaitu, stres dan kecemasan, gangguan perilaku, pengaruh pada kognisi, dan rasa kehilangan.

Gambar pemberian leaflet pada masyarakat desa Puron agar lebih memahami pentingnya menjaga lingkungan.

Sumber Foto : Dokumen Pribadi

Mutiara Rahmadani Gusra selaku pemateri pada kegiatan sosialisasi tersebut menyatakan bahwa mereka sangat memahami pentingnya menjaga lingkungan untuk kesehatan mental dan kesejahteraan sosial masyarakat. “Kami sadar bahwa kegiatan sosialisasi yang kami lakukan dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat Desa Puron. Namun, kami juga menyadari bahwa jika lingkungan tempat mereka tinggal tidak dijaga dengan baik, maka dampaknya bisa menjadi bumerang bagi psikologis masyarakat,” ujarnya.

Dalam program KKN mereka, kelompok Tim II Undip berfokus pada edukasi tentang pentingnya pengelolaan sampah yang benar, para mahasiswa membuat leaflet yang diberikan kepada masyarakat agar lebih bisa memahami bagaimana proses pengelolaan sampah yang benar. Mereka melakukan sosialisasi mengenai hubungan antara lingkungan dan psikologi.

Dengan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dalam kegiatan sosialisasi di Desa Puron, kelompok KKN Tim II Undip berharap bahwa upaya mereka dapat memberikan kontribusi positif yang berkelanjutan untuk masyarakat setempat. Semoga kepedulian terhadap lingkungan dapat menginspirasi banyak pihak untuk lebih bertanggung jawab terhadap alam sekitar.

Antusiasme masyarakat desa Puron sangat terlihat selama kegiatan sosialisasi berlangsung. Mereka terlihat sangat menikmati setiap kegiatan dan menunjukkan minat yang lebih besar terhadap pentingnya menjaga lingkungan desa. Masyarakat desa Puron pun turut mengapresiasi usaha mahasiswa Undip dalam kegiatan edukasi pentingnya menjaga lingkungan. Harapannya dari kegiatan ini, masyarakat dapat lebih menjaga lingkungan dan masyarakat bagaimana cara pengelolaan sampah yang baik. (Mutiara Rahmadani Gusra/ Tim II KKN Undip Desa Puron)

Artikel ini telah dibaca 42 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Peresmian Muladi Dome: Gedung Serba Guna Terbesar di Jawa Tengah Milik Universitas Diponegoro

12 April 2024 - 09:22 WIB

Perayaan Idul Fitri: Kisah Inspiratif di Balik Perayaan Idul Fitri yang Mengharukan

11 April 2024 - 07:43 WIB

Gempa Bumi Tuban-Bawean : 2.393 Rumah Rusak, 9.648 Orang Mengungsi

25 Maret 2024 - 18:50 WIB

SAH! KPPR FSM TETAPKAN KETUA-WAKIL BEM FSM DAN SENATOR FSM 2024

16 Januari 2024 - 14:27 WIB

FSM BERGERAK MENCARI PENGGANTI ‘IBU’, RAPOR MERAH DI AKHIR KEPEMIMPINAN?

21 November 2023 - 09:10 WIB

SM FSM GELAR DISKUSI TERBUKA TERKAIT KONTROVERSI ISI PERSEMA PEMIRA: TUJUANNYA APA?

12 November 2023 - 17:07 WIB

Trending di Berita