Menu

Mode Gelap
 

Artikel · 9 Mei 2024 18:23 WIB

Investor muda mendominasi pasar modal : Faktor ketertarikan Gen Z terhadap investasi 


Investor muda mendominasi pasar modal : Faktor ketertarikan Gen Z terhadap investasi  Perbesar

Sebagai generasi yang responsif terhadap perubahan dan perkembangan zaman, generasi muda (Generasi Milenial dan Generasi Z) memberikan respon positif terhadap tren investasi yang ditandai dengan meningkatnya pertumbuhan jumlah investor muda di pasar modal. Dilansir dari CNBC, dominasi investor muda dengan kategori dibawah 40 tahun mencapai 80% sedangkan dominasi generasi Z sendiri mencapai 57%. Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per 8 Agustus 2023, investor dengan usia dibawah 30 tahun tercatat sebesar 57,26% dengan total aset sebesar Rp50,08 triliun. Dalam unggahannya tersebut KSEI juga menyebutkan bahwa secara year-to-date, jumlah investor pasar modal meningkat 11,15% menjadi 11,46 juta dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 10,31 juta. Dari data diatas dapat diketahui bahwa respon yang diberikan generasi muda memberikan dampak positif pada pasar modal. 

Fenomena Ketertarikan Generasi Z Terhadap Investasi menarik perhatian banyak pihak, karena generasi ini dianggap sebagai salah satu yang paling berpengaruh dalam pasar finansial masa depan. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi ketertarikan Generasi Z terhadap investasi:

1. Aksesibilitas Teknologi

Generasi Z tumbuh dalam era teknologi yang canggih, di mana informasi dan platform investasi dapat diakses dengan mudah melalui smartphone atau komputer. Aplikasi investasi yang ramah pengguna memungkinkan mereka untuk mulai berinvestasi dengan modal yang relatif kecil dan tanpa biaya transaksi yang tinggi.

2. Pendidikan Finansial

Seiring dengan aksesibilitas teknologi, Generasi Z juga cenderung lebih teredukasi secara finansial. Mereka dapat memanfaatkan sumber daya online, seperti YouTube, podcast, dan blog finansial, untuk mempelajari dasar-dasar investasi dan strategi-strategi yang efektif.

3. Perhatian terhadap Masa Depan

Generasi Z telah menyaksikan dampak krisis finansial global, seperti resesi tahun 2008, yang telah meninggalkan kesan mendalam. Hal ini mendorong mereka untuk lebih memperhatikan keuangan pribadi dan merencanakan masa depan mereka dengan lebih cermat. Investasi dipandang sebagai salah satu cara untuk membangun kekayaan jangka panjang dan mengamankan keuangan di masa depan.

4. Keprihatinan Sosial dan Lingkungan

Banyak anggota Generasi Z juga memiliki kesadaran sosial dan lingkungan yang tinggi. Mereka cenderung mencari investasi yang sejalan dengan nilai-nilai mereka, seperti investasi berkelanjutan (sustainable investing) atau investasi dalam perusahaan yang memperhatikan tanggung jawab sosial dan lingkungan (ESG – Environmental, Social, and Governance).

5. Kemandirian Finansial

Generasi Z cenderung menghargai kemandirian finansial dan memiliki keinginan untuk mengendalikan keuangan mereka sendiri. Mereka melihat investasi sebagai salah satu cara untuk mencapai kemandirian finansial, mengurangi ketergantungan pada orang tua atau sistem pensiun tradisional.

6. Pengaruh Media Sosial

Media sosial memiliki pengaruh besar terhadap Generasi Z. Mereka sering terpengaruh oleh konten-konten yang menyoroti keberhasilan finansial melalui investasi, baik itu dari selebriti, pengusaha muda, atau influencer lainnya. Hal ini dapat menjadi faktor pendorong bagi mereka untuk mulai berinvestasi.

Ketertarikan Generasi Z terhadap investasi dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari aksesibilitas teknologi hingga kesadaran sosial dan lingkungan. Memahami motivasi dan preferensi mereka dalam berinvestasi penting untuk mengembangkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka, serta untuk membantu mereka membangun kekayaan jangka panjang.

(Fery/POTLOT)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Doxing di Kalangan Mahasiswa: Fenomena yang Mengkhawatirkan

31 Mei 2024 - 14:16 WIB

Upaya Pengelolaan Stress dalam Kehidupan Mahasiswa

18 Mei 2024 - 14:28 WIB

Strategi Pembelajaran Abad 21 (Abad Digital)

6 Mei 2024 - 10:00 WIB

Mitigasi Sebagai Upaya Mengurangi Risiko Bencana Alam

1 Mei 2024 - 10:11 WIB

Membentuk Keyakinan melalui Keterampilan Berbicara di Depan Umum 

27 April 2024 - 14:55 WIB

MENJADI GENERASI MUDA YANG PEDULI AKAN KESEHATAN MENTAL

19 April 2024 - 10:49 WIB

Trending di Artikel