Menu

Mode Gelap
 

Berita · 10 Agu 2023 05:45 WIB

Guna Tingkatkan Konsumsi Sayur, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Ajak Ibu-Ibu PKK Desa Puron Ubah Pakcoy Jadi Keripik Kriuk


Guna Tingkatkan Konsumsi Sayur, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Ajak Ibu-Ibu PKK Desa Puron Ubah Pakcoy Jadi Keripik Kriuk Perbesar

Foto mahasiswi Tim II KKN Undip Desa Puron sedang melakukan demonstrasi pembuatan keripik pakcoy

Sumber foto: Dokumen pribadi

Sukoharjo – Jawa Tengah (31/07/2023) Sayur merupakan bahan pangan berasal dari tumbuhan yang memiliki kadar air yang tinggi. Sayuran merupakan sumber nutrisi termasuk di dalamnya potassium, asam folat, serat pangan, vitamin A, vitamin E, vitamin C dan zat gizi lainnya tergantung dari jenis sayur. Konsumsi sayur sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena sayur berfungsi sebagai zat pengatur dan penyeimbang kadar asam basa tubuh. Salah satu jenis sayur yang banyak ditemukan di Desa Puron adalah sayur pakcoy. Pengolahan sayur pakcoy menjadi keripik kriuk merupakan salah satu ide menarik bagi Ibu-ibu PKK Desa Puron untuk dijadikan sebagai konsumsi pribadi atau dikembangkan menjadi produk komersial yang kayak untuk dijual. Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2023 Risna Listianingrum yang berkonsentrasi di Desa Puron berinovasi untuk membuat keripik kriuk pakcoy bersama Ibu-Ibu PKK Desa Puron guna menciptakan produk olahan sayur pakcoy yang menarik sehingga dapat meningkatkan konsumsi sayur di masyarakat serta layak untuk dikomersialkan. Kegiatan demonstrasi membuat keripik kriuk pakcoy merupakan salah satu program kerja dari Risna Listianingrum, mahasiswa Jurusan Teknologi Pangan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro dengan dosen pembimbing Bogi Budi Jayanto, S.Pi., M.Si. Kegiatan ini dilaksanakan di Posko KKN Tim II UNDIP, Desa Puron, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah pada hari Senin, 31 Juli 2023.

Foto mahasiswi Tim II KKN Undip Desa Puron bersama Ibu-Ibu PKK

Sumber foto: Dokumen pribadi

Kegiatan demonstrasi pembuatan keripik pakcoy dimulai dengan penyampaian materi terkait prosedur pembuatan keripik pakcoy kemudian dilanjutkan dengan praktik pembuatan keripik pakcoy secara langsung. “Kegiatan ini didasarkan oleh perlunya inovasi olahan sayur untuk meningkatkan konsumsi sayur di masyarakat dan untuk memberikan ide usaha bagi ibu-ibu PKK Desa Puron berupa keripik kriuk pakcoy” tutur Risna Listianingrum (31/07/2023). Keripik pakcoy dibuat dengan mencampurkan tepung beras, tepung kanji, bawang putih, dan garam. Kemudian menuang air sedikit demi sedikit dan mengaduknya hingga rata. Setelah itu, dilanjutkan dengan melumuri daun sawi yang telah dibersihkan ke dalam adonan dan memanaskan minyak goreng. Setelah minyak goreng panas, dilanjutkan dengan menggoreng sayur pakcoy hingga berubah warna menjadi keemasan, lalu mengangkat dan meniriskan keripik pakcoy. Kemudian dilanjutkan dengan menyajikan keripik pakcoy pada piring, toples atau mengemasnya dengan plastik kemas. Selanjutnya keripik pakcoy siap untuk dikonsumsi. “Pengolahan keripik pakcoy merupakan pengalaman baru bagi saya karena biasanya sayur pakcoy hanya dimasak menjadi lauk masakan saja. Pengolahan keripik pakcoy menjadikan sayur pakcoy memiliki umur simpan yang lebih lama. Harapan kedepannya produk keripik pakcoy juga dapat dijadikan sebagai produk komersial” ujar salah satu kader PKK yang terlibat dalam demonstrasi pembuatan keripik pakcoy, Ibu Winarni. Keripik pakcoy diharapkan dapat disukai oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan konsumsi sayur masyarakat Desa Puron serta dapat untuk terus dikembangkan dan dapat menjadi peluang usaha baru bagi masyarakat Desa Puron. (Risna Listianingrum/KKN Tim II Desa Puron)

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Peresmian Muladi Dome: Gedung Serba Guna Terbesar di Jawa Tengah Milik Universitas Diponegoro

12 April 2024 - 09:22 WIB

Perayaan Idul Fitri: Kisah Inspiratif di Balik Perayaan Idul Fitri yang Mengharukan

11 April 2024 - 07:43 WIB

Gempa Bumi Tuban-Bawean : 2.393 Rumah Rusak, 9.648 Orang Mengungsi

25 Maret 2024 - 18:50 WIB

SAH! KPPR FSM TETAPKAN KETUA-WAKIL BEM FSM DAN SENATOR FSM 2024

16 Januari 2024 - 14:27 WIB

FSM BERGERAK MENCARI PENGGANTI ‘IBU’, RAPOR MERAH DI AKHIR KEPEMIMPINAN?

21 November 2023 - 09:10 WIB

SM FSM GELAR DISKUSI TERBUKA TERKAIT KONTROVERSI ISI PERSEMA PEMIRA: TUJUANNYA APA?

12 November 2023 - 17:07 WIB

Trending di Berita