Menu

Mode Gelap
 

Berita · 10 Agu 2023 05:49 WIB

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Dampingi Warga Desa Puron Olah Limbah Kulit Pisang Jadi Permen Jelly


Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Dampingi Warga Desa Puron Olah Limbah Kulit Pisang Jadi Permen Jelly Perbesar

Foto mahasiswi Tim II KKN Undip Desa Puron bersama Ibu-Ibu PKK

Sumber foto: Dokumen pribadi

Sukoharjo – Jawa Tengah (28/07/2023) Desa Puron merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Mayoritas mata pencaharian penduduk di Desa Puron adalah petani. Komoditas yang ditanam oleh petani di Desa Puron adalah tanaman pangan dan hortikultura. Salah satu tanaman hortikultura yang banyak ditemukan di Desa Puron adalah tanaman pisang. Pada umumnya masyarakat mengolah pisang menjadi pisang goreng atau keripik pisang kemudian membuang kulit pisangnya begitu saja. Padahal kulit pisang masih memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Kulit pisang mengandung karbohidrat, lemak, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B, vitamin C dan air. Oleh karena itu, kulit pisang masih layak untuk diolah menjadi suatu produk pangan yang dapat dikonsumsi. Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2023 Risna Listianingrum yang berkonsentrasi di Desa Puron berinovasi untuk membuat permen jelly dari kulit pisang bersama kader ibu-ibu PKK Desa Puron guna memanfaatkan limbah kulit pisang menjadi produk pangan yang memiliki citarasa enak dan layak untuk konsumsi. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Balai Desa Puron, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah pada hari Jumat, 28 Juli 2023.

Kegiatan membuat permen jelly kulit pisang merupakan salah satu program kerja dari Risna Listianingrum, mahasiswa Jurusan Teknologi Pangan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro dengan dosen pembimbing Bogi Budi Jayanto, S.Pi., M.Si. “Kegiatan ini didasarkan oleh banyaknya limbah kulit pisang yang masih belum dimanfaatkan dan dibuang begitu saja padahal kulit pisang masih memiliki nilai gizi yang cukup tinggi dan masih layak untuk diolah menjadi produk pangan yang layak untuk dikonsumsi seperti permen jelly” kata Risna Listianingrum, Jumat (28/07/2023).

Foto mahasiswi Tim II KKN Undip Desa Puron sedang melakukan demonstrasi pembuatan permen jelly

Sumber foto: Dokumen pribadi

Kegiatan demonstrasi pembuatan permen jelly dimulai dengan penyampaian materi terkait prosedur pembuatan permen jelly kemudian dilanjutkan dengan praktik pembuatan permen jelly secara langsung. Permen jelly dibuat dengan cara mencuci kulit pisang hingga bersih lalu mengirisnya menjadi berukuran kecil. Setelah itu, dilanjutkan dengan menghancurkan kulit pisang sampai menjadi seperti bubur dan menambahkan air ke dalam baskom lalu menyaringnya menggunakan saringan untuk mendapatkan filtrat kulit pisang. Kemudian masukkan filtrat kulit pisang ke dalam panci lalu timbang gula, asam sitrat, agar-agar putih dan nutrijel putih sesuai formulasi. Langkah selanjutnya adalah memanaskan filtrat di atas kompor menggunakan panci dan menambahkan campuran gula, asam sitrat, agar-agar putih dan nutrijell putih ke dalam panci sambil diaduk. Setelah semua tercampur rata kemudian dilanjutkan dengan mencetak adonan permen jelly dalam cetakan. Permen ditunggu hingga dingin lalu menjemurnya di bawah sinar matahari. Setelah permen jelly kering kita dapat mengemas permen jelly menggunakan kemasan permen dan permen jelly siap untuk dikonsumsi. “Terima kasih saya ucapkan kepada adik-adik dari KKN UNDIP telah mengadakan demonstrasi pembuatan permen jelly dari kulit pisang yang merupakan suatu hal baru yang sangat menarik bagi Ibu-Ibu PKK Desa Puron, harapannya kedepannya produk permen jelly kulit pisang ini dapat dijadikan sebagai PMT Posyandu atau dijadikan sebagai produk komersial unggulan Desa Puron” ujar salah satu kader PKK yang terlibat dalam demonstrasi pembuatan permen jelly kulit pisang, Ibu Karya. Harapannya produk permen jelly ini dapat untuk terus dikembangkan dan menjadi peluang usaha baru bagi masyarakat Desa Puron. (Risna Listianingrum/KKN Tim II Desa Puron)

Artikel ini telah dibaca 58 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Peresmian Muladi Dome: Gedung Serba Guna Terbesar di Jawa Tengah Milik Universitas Diponegoro

12 April 2024 - 09:22 WIB

Perayaan Idul Fitri: Kisah Inspiratif di Balik Perayaan Idul Fitri yang Mengharukan

11 April 2024 - 07:43 WIB

Gempa Bumi Tuban-Bawean : 2.393 Rumah Rusak, 9.648 Orang Mengungsi

25 Maret 2024 - 18:50 WIB

SAH! KPPR FSM TETAPKAN KETUA-WAKIL BEM FSM DAN SENATOR FSM 2024

16 Januari 2024 - 14:27 WIB

FSM BERGERAK MENCARI PENGGANTI ‘IBU’, RAPOR MERAH DI AKHIR KEPEMIMPINAN?

21 November 2023 - 09:10 WIB

SM FSM GELAR DISKUSI TERBUKA TERKAIT KONTROVERSI ISI PERSEMA PEMIRA: TUJUANNYA APA?

12 November 2023 - 17:07 WIB

Trending di Berita