Menu

Mode Gelap
 

Berita · 10 Agu 2023 05:57 WIB

Pembuatan Kamus Istilah Guna untuk Menambah Wawasan Masyarakat Desa Puron akan Lingkungan dan Kebersihan


Pembuatan Kamus Istilah Guna untuk Menambah Wawasan Masyarakat Desa Puron akan Lingkungan dan Kebersihan Perbesar

Gambar penyerahan kamus istilah dan kebersihan kepada ibu-ibu PKK Desa Puron

Sumber foto: Dokumen Pribadi

Sukoharjo [08/08/2023], Desa Puron mempunyai sebuah inisiatif luar biasa yang telah dilakukan untuk meningkatkan wawasan masyarakat tentang istilah lingkungan dan kebersihan. Dalam upaya ini, sebuah kamus istilah khusus telah dibuat untuk memperkuat pemahaman masyarakat terhadap isu-isu lingkungan dan pentingnya menjaga kebersihan.

Kamus istilah ini dapat diartikan sebagai kamus yang memuat istilah, kata atau gabungan kata yg dng cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat dan makna konsepnya berdasarkan dari bidang ilmu tertentu. Tujuan dalam pembuatan kamus istilah sendiri adalah untuk dijadikan sebagai acuan terhadap kosa kata atau istilah-istilah baru dalam sebuah bidang tertentu. Jadi, nantinya kamus istilah tersebut akan memudahkan para pembacanya dalam mencari istilah-istilah tertentu dan memperkaya wawasan pengetahuan secara luas.

Pada tanggal 28 Juli 2023, salah satu mahasiswi Undip melaksanakan pemaparan progam kerja yaitu peluncuran kamus istilah lingkungan dan kebersihan, yang mana bertempat di balai Desa Puron. Acara pemaparan progam kerja tersebut dihadiri oleh sebagian besar ibu-ibu PKK sebagai perwakilan dari masyarakat Desa Puron.

Dengan melakukan kolaborasi dengan para sukarelawan, ahli lingkungan, dan tokoh masyarakat setempat, salah satu mahasiswi Undip berhasil mengumpulkan, menyusun, merancang kamus istilah yang berfokus pada bidang kebersihan dan lingkungan yang ditujukan langsung pada masyarakat Desa Puron, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo.

Dengan latar belakang lingkungan dan kebersihan, kamus ini disusun untuk tujuan ilmu pengetahuan, sebab kurangnya wawasan dalam bidang lingkungan dan kebersihan tersebut. Untuk itu, dengan adanya kamus istilah ini, masyarakat Desa Puron dapat lebih mudah berkomunikasi dan terlibat aktif dalam menjaga lingkungan sekitar mereka. Selain itu, para masyarakat nantinya dapat memiliki wawasan yang makin luas tentang berbagai istilah yang berkaitan dengan pengelolaan sampah, konservasi alam, dan upaya pelestarian lingkungan, kamus ini akan menjadi referensi penting bagi warga Desa Puron dalam menangani masalah lingkungan sehari-hari. Selain itu, kamus ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan dampak positifnya bagi masyarakat dan alam sekitar.

Dalam peluncuran Kamus Istilah Lingkungan dan Kebersihan ini, berhasil mendapat apresiasi dari masyarakat Desa Puron. Mayoritas dari masyarakat menunjukkan rasa antusias dalam penerimaan Kamus Istilah tersebut. Seperti halnya dalam wawancara eksklusif dengan Ibu Harjini, salah satu warga Desa Puron, menyatakan bahwa kamus istilah ini merupakan langkah pertama yang penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan dan kebersihan di desa tersebut. Ia juga berharap bahwa kamus ini akan menginspirasi desa-desa lain untuk melakukan upaya serupa dan dapat menjadi sebuah contoh bagi masyarakat lain dalam mengatasi masalah lingkungan.

Seiring berjalannya waktu, mahasiswi Undip berharap agar kamus istilah ini akan terus diperbaharui dan berkembang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan isu-isu lingkungan dan kebersihan. Dengan kerja sama yang kuat dan semangat kebersamaan, Desa Puron telah menetapkan pijakan yang kokoh dalam menjaga dan memahami pentingnya lingkungan dan kebersihan bagi masa depan yang lebih baik.

(Ajeng Fitriningsih/Tim II KKN Undip Desa Puron)

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Peresmian Muladi Dome: Gedung Serba Guna Terbesar di Jawa Tengah Milik Universitas Diponegoro

12 April 2024 - 09:22 WIB

Perayaan Idul Fitri: Kisah Inspiratif di Balik Perayaan Idul Fitri yang Mengharukan

11 April 2024 - 07:43 WIB

Gempa Bumi Tuban-Bawean : 2.393 Rumah Rusak, 9.648 Orang Mengungsi

25 Maret 2024 - 18:50 WIB

SAH! KPPR FSM TETAPKAN KETUA-WAKIL BEM FSM DAN SENATOR FSM 2024

16 Januari 2024 - 14:27 WIB

FSM BERGERAK MENCARI PENGGANTI ‘IBU’, RAPOR MERAH DI AKHIR KEPEMIMPINAN?

21 November 2023 - 09:10 WIB

SM FSM GELAR DISKUSI TERBUKA TERKAIT KONTROVERSI ISI PERSEMA PEMIRA: TUJUANNYA APA?

12 November 2023 - 17:07 WIB

Trending di Berita