Menu

Mode Gelap
 

Berita · 10 Agu 2023 06:04 WIB

Mahasiswa KKN Tim II Undip 2022/2023 Berikan Solusi Inovatif untuk Cegah Stunting: Praktik Budidaya Ikan Lele dalam Sistem Akuaponik di Desa Puron


Mahasiswa KKN Tim II Undip 2022/2023 Berikan Solusi Inovatif untuk Cegah Stunting: Praktik Budidaya Ikan Lele dalam Sistem Akuaponik di Desa Puron Perbesar

Gambar pemaparan kepada warga sekitar terkait program kerja budidaya lele

Sumber foto: Dokumen Pribadi

Puron, 4 Agustus 2023 – Dalam upaya mendukung program keluarga mandiri pangan dan mencegah stunting, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tim II Universitas Diponegoro tahun ajaran 2022/2023 menghadirkan solusi inovatif dengan memaparkan dan menerapkan budidaya ikan lele dalam sistem aquaponik kepada masyarakat Desa Puron. Acara pemaparan dan praktik budidaya ini berlangsung pada hari Senin tanggal 31 Juli 2023 yang bertempat di pekarangan belakang Toko Etik Tiga Putra yang merupakan milik Ibu Lurah dan dihadiri oleh perangkat desa, ketua RT/RW, ibu-ibu PKK,  Karang Taruna, masyarakat Desa Puron, serta dosen pembimbing lapangan KKN Tim II Undip, Bapak Bogi Budi Jayanto.

Sebagai bagian dari program KKN Tim II Undip di Desa Puron, mahasiswa telah melakukan penelitian mendalam tentang permasalahan stunting yang terjadi di daerah tersebut. Stunting merupakan salah satu bentuk gagal pertumbuhan anak yang berakibat pada perkembangan fisik dan mental yang tidak optimal. Pada beberapa kasus, kurangnya asupan gizi menjadi faktor utama terjadinya stunting.

Dalam menghadapi tantangan ini, mahasiswa KKN memutuskan untuk memperkenalkan sistem budidaya ikan lele dalam aquaponik sebagai solusi yang berpotensi meningkatkan ketersediaan gizi protein hewani dan sayuran segar untuk masyarakat Desa Puron.

Dalam pemaparan, ketua tim KKN memaparkan bagaimana sistem aquaponik menggabungkan pertanian hidroponik dan budidaya ikan lele secara bersimbiotik. “Dalam sistem ini, ikan lele akan ditempatkan dalam kolam, dan kotoran ikan akan memberikan nutrisi bagi tanaman yang ditanam dalam wadah hidroponik yang terletak di atas kolam. Tanaman akan menyaring air dan menghilangkan zat-zat berbahaya, yang kemudian airnya akan kembali ke kolam ikan. Sistem ini sangat efisien karena mengurangi kebutuhan air dan pupuk, serta menghasilkan ikan dan sayuran dengan kualitas yang baik,” jelasnya.

Dokumentasi bersama masyarakat desa Puron

Sumber foto : Dokumen Pribadi

Perangkat desa, ketua RT/RW, ibu-ibu PKK, dan Karang Taruna Desa Puron memberikan sambutan hangat terhadap kegiatan ini dan menunjukkan antusiasme untuk menerapkan sistem aquaponik di tingkat rumah tangga mereka. Dosen pembimbing lapangan KKN Tim II Undip, Bapak Bogi Budi Jayanto, menyatakan kebanggaannya terhadap mahasiswa yang telah menunjukkan komitmen yang tinggi dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Puron. “Sistem budidaya ikan lele dalam aquaponik merupakan contoh nyata bagaimana inovasi dapat membantu mengatasi permasalahan kesehatan dan pangan di masyarakat. Semoga kegiatan ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi kesejahteraan masyarakat Desa Puron,” ujarnya.

Dengan semangat kolaborasi dan inovasi yang dipersembahkan oleh mahasiswa KKN Tim II Undip, diharapkan sistem budidaya ikan lele dalam aquaponik ini akan menjadi langkah efektif untuk mencapai keluarga mandiri pangan dan mencegah stunting di Desa Puron.

(Naufal Hilmy Mubarok_TIM II KKN UNDIP Desa Puron)

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Peresmian Muladi Dome: Gedung Serba Guna Terbesar di Jawa Tengah Milik Universitas Diponegoro

12 April 2024 - 09:22 WIB

Perayaan Idul Fitri: Kisah Inspiratif di Balik Perayaan Idul Fitri yang Mengharukan

11 April 2024 - 07:43 WIB

Gempa Bumi Tuban-Bawean : 2.393 Rumah Rusak, 9.648 Orang Mengungsi

25 Maret 2024 - 18:50 WIB

SAH! KPPR FSM TETAPKAN KETUA-WAKIL BEM FSM DAN SENATOR FSM 2024

16 Januari 2024 - 14:27 WIB

FSM BERGERAK MENCARI PENGGANTI ‘IBU’, RAPOR MERAH DI AKHIR KEPEMIMPINAN?

21 November 2023 - 09:10 WIB

SM FSM GELAR DISKUSI TERBUKA TERKAIT KONTROVERSI ISI PERSEMA PEMIRA: TUJUANNYA APA?

12 November 2023 - 17:07 WIB

Trending di Berita