Menu

Mode Gelap
 

Berita · 10 Agu 2023 06:07 WIB

Mahasiswa KKN Undip 2022/2023 Ajak Ibu-Ibu PKK dan Kader Bank Sampah “Langgeng” Desa Puron Ciptakan Aquascape Mini dari Toples Bekas untuk Mengurangi Sampah Plastik


Mahasiswa KKN Undip 2022/2023 Ajak Ibu-Ibu PKK dan Kader Bank Sampah “Langgeng” Desa Puron Ciptakan Aquascape Mini dari Toples Bekas untuk Mengurangi Sampah Plastik Perbesar

Gambar kegiatan demonstrasi aquascape mini dari toples plastik bekas

Sumber foto : Dokumen Pribadi

Puron, 25 Juli 2023 – Naufal Hilmy Mubarok, mahasiswa Tim II Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro tahun ajaran 2022/2023, mengajak ibu-ibu PKK dan kader Bank Sampah “Langgeng” di Desa Puron untuk berpartisipasi dalam demonstrasi pembuatan Aquascape Mini menggunakan toples plastik bekas atau toples kaca bekas. Kegiatan ini dilaksanakan di rumah Kepala Dusun Platar Desa Puron pada hari Selasa tanggal 25 Juli 2023 yang bertujuan untuk mengurangi sampah plastik sekaligus mengajarkan cara mengubahnya menjadi barang yang lebih berguna dan ramah lingkungan.

Naufal Hilmy Mubarok, mahasiswa KKN yang memiliki ketertarikan khusus pada isu lingkungan dan pengurangan sampah plastik, memandu demonstrasi ini dengan antusiasme. Dalam pemaparannya, ia menyampaikan bagaimana toples plastik bekas atau toples kaca bekas dapat diolah menjadi Aquascape Mini yang menarik dan fungsional.

“Aquascape Mini adalah seni mendesain ekosistem air yang dapat diwujudkan dalam toples bekas. Dengan mengisi toples dengan air, tanaman akuatik, dan batu hias, kita bisa menciptakan miniatur taman air yang indah dan menyegarkan,” jelas Naufal.

Ibu-ibu PKK dan kader Bank Sampah “Langgeng” dengan antusias mengikuti setiap langkah yang diajarkan oleh Naufal. Mereka berkolaborasi dengan penuh semangat dan kreativitas dalam menciptakan beragam Aquascape Mini dari toples bekas yang sebelumnya dianggap sebagai sampah.

Gambar pemberian poster pada masyarakat Desa Puron

Sumber foto: Dokumen Pribadi

“Kami sangat senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ini merupakan cara yang menarik untuk mengurangi sampah plastik dan menciptakan barang yang lebih bermanfaat dari toples bekas. Selain itu, hasil Aquascape Mini ini bisa menjadi hiasan cantik di rumah kami,” ujar salah satu ibu PKK.

Dengan semangat kolaborasi antara Naufal Hilmy Mubarok, ibu-ibu PKK, dan kader Bank Sampah “Langgeng,” demonstrasi pembuatan Aquascape Mini ini berhasil menjadi langkah konkret dalam mengurangi sampah plastik dan menciptakan barang yang bernilai dari bahan-bahan bekas. Semoga acara ini akan menginspirasi masyarakat Desa Puron untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan berperan aktif dalam mengurangi sampah plastik demi keberlanjutan lingkungan yang lebih baik. (Naufal Hilmy Mubarok/TIM II KKN UNDIP Desa Puron)

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Peresmian Muladi Dome: Gedung Serba Guna Terbesar di Jawa Tengah Milik Universitas Diponegoro

12 April 2024 - 09:22 WIB

Perayaan Idul Fitri: Kisah Inspiratif di Balik Perayaan Idul Fitri yang Mengharukan

11 April 2024 - 07:43 WIB

Gempa Bumi Tuban-Bawean : 2.393 Rumah Rusak, 9.648 Orang Mengungsi

25 Maret 2024 - 18:50 WIB

SAH! KPPR FSM TETAPKAN KETUA-WAKIL BEM FSM DAN SENATOR FSM 2024

16 Januari 2024 - 14:27 WIB

FSM BERGERAK MENCARI PENGGANTI ‘IBU’, RAPOR MERAH DI AKHIR KEPEMIMPINAN?

21 November 2023 - 09:10 WIB

SM FSM GELAR DISKUSI TERBUKA TERKAIT KONTROVERSI ISI PERSEMA PEMIRA: TUJUANNYA APA?

12 November 2023 - 17:07 WIB

Trending di Berita