Menu

Mode Gelap
 

Berita · 10 Agu 2023 06:10 WIB

Inovatif! Mahasiswa KKN Tim II Undip Mewujudkan Teknologi Hidroponik Dalam Sistem Akuaponik Sebagai Penyedia Makanan Bergizi Untuk Skala Rumah Tangga


Inovatif! Mahasiswa KKN Tim II Undip Mewujudkan Teknologi Hidroponik Dalam Sistem Akuaponik Sebagai Penyedia Makanan Bergizi Untuk Skala Rumah Tangga Perbesar

Bulu, Sukoharjo (07/08/2023) – Kecukupan akan gizi berpengaruh terhadap angka stunting di Indonesia, di mana pada saat ini angka tersebut sangat memprihatinkan. KKN TIM II Undip 2022/2023 berkontribusi dalam pencegahan dan penanggulangan stunting yang terjadi di Desa Puron, Kecamatan Bulu, Sukoharjo. Inisiasi yang dilakukan yaitu dengan menciptakan sistem akuaponik yang mana menggabungkan budidaya ikan lele, hidroponik dan budidaya ayam petelur dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah.

Sistem akuaponik bekerja dengan menggabungkan kolam ikan dan sistem hidroponik atau tempat bertumbuhnya tanaman menggunakan media air, nutrisi yang diperlukan oleh tanaman dihasilkan dari limbah ikan, sementara air kolam lele yang mengalir dalam sistem hidroponik akan kembali masuk ke kolam ikan setelah proses filtrasi atau penyaringan. Nutrisi yang terdapat dalam air limbah ikan menjadi sumber pupuk organik yang kaya akan zat besi, kalsium, dan nutrien penting lainnya. Tanaman yang digunakan dalam sistem hidroponik yaitu tanaman sayur seperti pakcoy, selada dan lain-lain. Kombinasi teknologi hidroponik dalam akuaponik ini menghasilkan hasil panen yang lebih besar dalam jangka waktu lebih singkat. Hasil panen yang lebih melimpah dapat berkontribusi pada penyedia bahan pangan yang lebih bergizi bagi masyarakat.

Penerapan teknologi hidroponik dalam sistem akuaponik dilaksanakan di salah satu pekarangan warga Desa Puron yaitu di belakang warung Ibu Etik. Dalam upaya mengedukasi masyarakat sekitar kegiatan ini diawali dengan membuat percontohan wujud fisik hidroponik sekaligus sistem akuaponik. Selain itu, pada Jumat, 4 Agustus 2023 KKN Tim II Undip juga melakukan pemaparan mengenai bagaimana cara membangun, menyemai, menanam dan merawat sistem ini dengan target sasarannya yaitu Ibu-Ibu PKK, Karang Taruna dan seluruh warga Desa Puron. Selain itu, KKN Tim II Undip juga membagikan booklet untuk memudahkan sasaran dalam memahami sistem akuaponik.

Foto mahasiswi KKN TIM II Undip Desa Puron saat melakukan pemaparan hidroponik dalam sistem akuaponik

Sumber: Dokumen Pribadi KKN TIM II Undip Desa Puron

Sebagai langkah positif dalam upaya mencegah stunting dan merawat lingkungan, penerapan akuaponik di pekarangan rumah muncul sebagai solusi inspiratif. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang terlibat dalam metode pertanian berkelanjutan seperti ini, diharapkan akan ada perubahan positif dalam hal kesehatan dan pangan di masa depan, sehingga angka stunting di Indonesia akan semakin berkurang bahkan menyentuh angka nol.

Assyifa Fentiyasari 23020320130086 (Tim II KKN Undip Desa Puron)

Artikel ini telah dibaca 47 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Peresmian Muladi Dome: Gedung Serba Guna Terbesar di Jawa Tengah Milik Universitas Diponegoro

12 April 2024 - 09:22 WIB

Perayaan Idul Fitri: Kisah Inspiratif di Balik Perayaan Idul Fitri yang Mengharukan

11 April 2024 - 07:43 WIB

Gempa Bumi Tuban-Bawean : 2.393 Rumah Rusak, 9.648 Orang Mengungsi

25 Maret 2024 - 18:50 WIB

SAH! KPPR FSM TETAPKAN KETUA-WAKIL BEM FSM DAN SENATOR FSM 2024

16 Januari 2024 - 14:27 WIB

FSM BERGERAK MENCARI PENGGANTI ‘IBU’, RAPOR MERAH DI AKHIR KEPEMIMPINAN?

21 November 2023 - 09:10 WIB

SM FSM GELAR DISKUSI TERBUKA TERKAIT KONTROVERSI ISI PERSEMA PEMIRA: TUJUANNYA APA?

12 November 2023 - 17:07 WIB

Trending di Berita