Menu

Mode Gelap
 

Artikel · 12 Mar 2024 17:06 WIB

How To Win Friends and Influence People?


How To Win Friends and Influence People? Perbesar

By Dale Carnegie

Membaca buku merupakan salah satu kunci wawasan. Orang yang suka membaca buku tentu akan mendapatkan insight baru mengenai ilmu tertentu. Lalu apakah kalian pernah bertanya-tanya seperti apa kunci memenangkan pertemanan dan mempengaruhi orang lain? Di sini penulis akan sedikit membeberkan poin-poin penting yang mungkin akan membuka wawasan kita mengenai hal-hal yang penting dalam membangun sebuah hubungan. Penulis tentu telah membaca beberapa halaman dalam buku tersebut sehingga berpikiran untuk membagikan hal tersebut kepada kalian. Ups, tapi tidak semuanya akan penulis share yaa, dan bagi kalian yang tertarik untuk mengetahui lebih dalam maka bisa membeli buku tersebut hehe. Selamat menyimak!

Pernahkah dalam hidup kalian, merasa seperti kurang mampu dalam bersosialisasi, kurang mampu dalam bernegosiasi, marketing ataupun hal lain? Tentunya pernah kan ya. Memenangkan hubungan adalah ilmu yang penting untuk dipelajari karena bisa menjadikan kita memiliki relasi-relasi kuat yang dapat memberikan keuntungan kepada kita ke depannya. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa memenangkan hubungan tersebut? Dan apa saja seni mempengaruhi orang lain?

Buku “How to Win Friends and Influence People” karya Dale Carnegie adalah salah satu buku paling berpengaruh dalam genre pengembangan diri dan keterampilan interpersonal. Dalam buku ini, Carnegie menyoroti prinsip-prinsip dasar yang dapat membantu seseorang memperoleh kesuksesan dalam hubungan antarpribadi dan profesional. Poin-poin tersebut akan dijelaskan di bawah ini :

  1. Jika ANDA TERSENYUM, dunia tersenyum bersama Anda.

Senyum adalah bahasa universal yang dapat menghubungkan orang secara positif. Ketika Anda tersenyum, Anda menciptakan suasana yang menyenangkan dan ramah di sekitar Anda, yang dapat membuat orang lain merasa nyaman dan lebih cenderung untuk merespons dengan senyuman juga.

  1. Selalu TEBARKAN STATUS POSITIF demi profesionalisme.

Memelihara sikap positif membantu menciptakan suasana yang produktif dan menyenangkan dalam berinteraksi dengan orang lain. Ini termasuk menghindari keluhan yang berlebihan atau mengkritik secara negatif, dan berfokus pada solusi daripada masalah.

  1. Hasil yang didapat dengan MENGINGAT NAMA ORANG adalah mereka mengingat Anda.

Mengingat nama seseorang adalah cara yang kuat untuk menunjukkan perhatian dan penghargaan terhadap individu tersebut. Ini membantu membangun hubungan yang lebih dekat dan lebih pribadi dengan orang lain, karena mereka merasa dihargai dan diakui.

  1. BILA KITA LUPA, kita menjadi terlupakan.

Ingatlah bahwa orang cenderung menghargai perhatian yang Anda berikan terhadap mereka. Jika Anda lupa nama seseorang, mereka mungkin merasa diabaikan atau kurang dihargai. Oleh karena itu, upayakan untuk selalu mengingat nama-nama orang yang Anda temui.

  1. MENYIMAK adalah kekuatan memberikan apa yang sangat diinginkan oleh orang lain untuk didengar dan dimengerti.

Mendengarkan dengan penuh perhatian adalah keterampilan penting dalam membangun hubungan yang baik. Orang-orang ingin merasa didengar dan dimengerti, dan dengan menyimak, Anda memberikan ruang untuk ekspresi mereka dan menunjukkan empati.

  1. HINDARI ARGUMEN.

Menghindari argumen bukan berarti menghindari perdebatan atau berpendapat. Ini lebih tentang memilih jalur komunikasi yang lebih konstruktif daripada terjebak dalam konfrontasi yang tidak produktif. Menggunakan pendekatan yang lebih diplomatis dan kooperatif dapat membantu mempertahankan hubungan yang baik.

  1. TEMAN > Fans

Daripada berusaha untuk dipuja atau diakui sebagai pemimpin atau otoritas, lebih baik membangun hubungan yang jujur dan terbuka dengan orang lain. Ini berarti menjadi teman yang baik, mendengarkan, dan menghargai pendapat orang lain, bukan hanya mencari pengakuan atau penghargaan.

  1. BIARKAN ORANG LAIN MENDAPAT PENGAKUAN.

Memberikan pengakuan kepada orang lain adalah cara yang efektif untuk memperkuat hubungan dan membangun kepercayaan. Mengakui prestasi atau kontribusi seseorang tidak hanya meningkatkan rasa percaya diri mereka, tetapi juga menciptakan lingkungan yang positif di sekitar Anda.

  1. PERLAKUKANLAH ORANG LAIN seperti kalian ingin diperlakukan orang lain.

Prinsip empati ini mendasari banyak prinsip dalam buku Carnegie. Ketika Anda memperlakukan orang lain dengan hormat, perhatian, dan pengertian, Anda cenderung menerima perlakuan yang sama darinya.

  1. KEPERCAYAAN adalah kebaikan sosial yang sebaiknya dilindungi seperti udara yang kita hirup/ air yang kita minum.

Kepercayaan adalah inti dari hubungan manusia. Tanpa kepercayaan, hubungan pribadi dan profesional sulit untuk berkembang. Oleh karena itu, penting untuk selalu bertindak secara konsisten, jujur, dan dapat diandalkan, karena hal ini memperkuat kepercayaan orang lain terhadap Anda.

Nah, itulah beberapa poin-poin penting dalam mencapai hubungan yang kuat dengan orang lain. Pernahkah kalian melakukan kebalikan dari poin-poin di atas? Jika pernah mungkin itu adalah penyebab orang-orang kurang suka dengan kalian. Seperti mengkritik, tidak menyapa, dan lain hal. Dari sekarang, kalian bisa memperbaiki situasi tersebut dengan mulai menyapa, menghindari argumen, menebarkan aura positif, setia dll. Sekian dari penulis semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca.

(Yulian|POTLOT)

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Doxing di Kalangan Mahasiswa: Fenomena yang Mengkhawatirkan

31 Mei 2024 - 14:16 WIB

Upaya Pengelolaan Stress dalam Kehidupan Mahasiswa

18 Mei 2024 - 14:28 WIB

Investor muda mendominasi pasar modal : Faktor ketertarikan Gen Z terhadap investasi 

9 Mei 2024 - 18:23 WIB

Strategi Pembelajaran Abad 21 (Abad Digital)

6 Mei 2024 - 10:00 WIB

Mitigasi Sebagai Upaya Mengurangi Risiko Bencana Alam

1 Mei 2024 - 10:11 WIB

Membentuk Keyakinan melalui Keterampilan Berbicara di Depan Umum 

27 April 2024 - 14:55 WIB

Trending di Artikel