Menu

Mode Gelap
 

Berita · 17 Jun 2024 16:20 WIB

Supernova 2024 sebagai Langkah Lahirnya Penerus Dakwah


Supernova 2024 sebagai Langkah Lahirnya Penerus Dakwah Perbesar

Sumber : Panitia Supernova 2024

Training Rohis II merupakan suatu kegiatan pelatihan untuk meng-upgrade skill, ilmu, pengetahuan dan wawasan mengenai Islam sebagai bekal untuk berdakwah di dunia kampus. Supernova sendiri adalah salah satu Training Rohis jenjang kedua yang diadakan oleh Fakultas Sains dan Matematika yang bertujuan untuk membekali para penerus dakwah kampus agar dapat mengembangkan lembaga dakwahnya di Universitas Diponegoro. Menurut Fendy, salah satu panitia Supernova 2024, Supernova pada tahun ini mengambil tema The Rise of Mujahid Dakwah. Tema tersebut selaras dengan tujuan diadakannya Training Rohis II, yaitu pembekalan untuk menyongsong lahirnya para pendakwah di lingkungan kampus. Supernova 2024 diadakan pada Sabtu, 1 Juni 2024 dan Minggu, 2 Juni 2024 di Aula ICMII Orwil Jawa Tengah, Semarang. Sasaran dari kegiatan ini adalah para mahasiswa, khususnya mahasiswa yang telah ikut lembaga dakwah kampus, entah itu LDK (Insani), LDF (Madani, Kharisma, Izzati dsb) ataupun LDJ (Nuansa, Kesima, Ksikamu dsb). 

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama berupa pemaparan materi dari Ust. Shofi Sumari dengan materi Fiqih Dakwah dan Umar Haidar dengan materi kedakwahkampusan. Peserta dibuat per kelompok dengan anggota kelompok sekitar 7-8 orang, peserta tidak hanya diberikan pengetahuan berupa pemaparan materi, tetapi juga studi kasus yang harus dipecahkan tiap kelompok dan dipaparkan di depan serta langsung diberi tanggapan oleh pemateri. Pada hari pertama, peserta juga diberi penugasan berupa vlog/video kegiatan yang dilakukan saat supernova berlangsung, nantinya video itu akan di buat reels bagi setiap peserta. Penugasan itu bertujuan untuk mem-branding Supernova dan melatih tanggung jawab peserta. Hari pertama ditutup dengan dokumentasi bersama.

Hari kedua diawali dengan games, seperti estafet air, jalan kepiting dan lain sebagainya. Games ini megajarkan bagaimana untuk memanajemen kelompok dan membangun teamwork dalam kelompok. Setelah games, peserta diperbolehkan bersih-bersih sebelum masuk kepada pemaparan materi yang disampaikan oleh Hilmy Faishal Anwar untuk materi Amal Jama’i dan Raihan Akbar yang menyampaikan materi mengenai Manajemen SDM dan Kepemimpinan. Sama seperti hari sebelumnya, peserta akan diberi studi kasus untuk mengecek pemahaman peserta tentang materi yang disampaikan. Setelah itu, untuk regenerasi angkatan Supernova 2024, ada pemilihan mas’ul dan mas’ulah sebagai pemimpin dan memberikan arah/jalan untuk angkatan Supernova 2024 yang akan menjadi panitia di Supernova 2025. Hari kedua tutup dengan janji serta ikrar pengurus Supernova 2024 beserta sesi dokumentasi bersama. Harapan untuk peserta Supernova 2024 dari ketua panitia Supernova 2024, Irma, yaitu “Harapannya peserta tetap menjaga semangatnya dan memperbarui niatnya serta mengingat lagi semangat di awal-awal memasuki lembaga dakwah sampai akhir nanti. Memiliki bonding yang kuat, mampu meneruskan estafet lembaga dakwah atau organisasi lainnya dan dapat mengimplementasikan ilmu-imu yang sudah didapat dari Supernova 2024.”

(ZALZA/POTLOT)

Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Peresmian Muladi Dome: Gedung Serba Guna Terbesar di Jawa Tengah Milik Universitas Diponegoro

12 April 2024 - 09:22 WIB

Perayaan Idul Fitri: Kisah Inspiratif di Balik Perayaan Idul Fitri yang Mengharukan

11 April 2024 - 07:43 WIB

Gempa Bumi Tuban-Bawean : 2.393 Rumah Rusak, 9.648 Orang Mengungsi

25 Maret 2024 - 18:50 WIB

SAH! KPPR FSM TETAPKAN KETUA-WAKIL BEM FSM DAN SENATOR FSM 2024

16 Januari 2024 - 14:27 WIB

FSM BERGERAK MENCARI PENGGANTI ‘IBU’, RAPOR MERAH DI AKHIR KEPEMIMPINAN?

21 November 2023 - 09:10 WIB

SM FSM GELAR DISKUSI TERBUKA TERKAIT KONTROVERSI ISI PERSEMA PEMIRA: TUJUANNYA APA?

12 November 2023 - 17:07 WIB

Trending di Berita