Menu

Mode Gelap
 

Artikel · 24 Feb 2024 17:29 WIB

APPLE VISION PRO DAN FITUR CANGGIHNYA, DAPATKAH MENGGANTIKAN SMARTPHONE DI MASA DEPAN?


APPLE VISION PRO DAN FITUR CANGGIHNYA, DAPATKAH MENGGANTIKAN SMARTPHONE DI MASA DEPAN? Perbesar

Produk Apple Vision Pro (apple.com)

Apa itu Apple Vision Pro?

Apple Vision Pro, topik yang akhir-akhir ini sering dibahas di media sosial pasti sudah tidak asing di telinga pembaca. Apple vision pro adalah komputer spasial revolusioner yang memadukan konten digital dengan dunia fisik sekaligus memungkinkan penggunanya tetap dapat berinteraksi dengan orang lain. Produk ini memungkinkan pengguna berinteraksi dengan konten digital yang terasa seperti hadir secara fisik di ruang mereka. Kecanggihan fitur dari Apple Vision Pro ini membuat pengguna produk ini betah untuk memakainya. Namun, akankah kehadiran Apple Vision Pro akan menggantikan peran smartphone di masa depan?

Memungkinkan pengguna menjadi lebih produktif

Dengan menghadirkan pengalaman baru yang berbeda dari sebelumnya, Apple Vision Pro mengubah cara pengguna berinteraksi dengan aplikasi favorit mereka, menikmati acara TV dan film serta terhubung dengan orang lain di FaceTime. Tampilan layar dan akses aplikasi tanpa batas memungkinkan pengguna Apple Vision Pro menjadi lebih produktif dan melakukan berbagai cara baru untuk melakukan banyak tugas.

Mengubah ruangan menjadi bioskop pribadi

Dua layar beresolusi tinggi yang terdapat pada Apple Vision Pro dapat mengubah ruangan menjadi bioskop dengan layar dengan lebar 100 kaki dan sistem Audio Spasial yang canggih. Pengguna dapat menonton film dan acara TV di layar mereka. Selain itu, Apple Immersive Video juga menawarkan rekaman resolusi tinggi 180 derajat dengan Spatial Audio.

Kamera tiga dimensi pada Apple Vision Pro memungkinkan pengguna mengabadikan dan menghidupkan kembali kenangan-kenangan mereka dengan Audio Spasial. Foto dan Video spasial dapat membawa pengguna kembali ke suatu momen berharga mereka. Seluruh foto di iCloud pengguna dapat dilihat dalam skala sebenarnya dengan warna dan detail yang sangat canggih sehingga menciptakan sensasi seolah-olah pengguna berdiri di tempat pengambilan foto atau video.

FaceTime menjadi Spasial

         Apple vision pro memanfaatkan ruangan di sekitar pengguna dengan semua orang yang berada dalam panggilan berada dalam ubin berukuran sebenarnya dan Audio Spasial yang membuat seolah-olah orang di seberang sana berbicara langsung dari tempat mereka diposisikan. Pengguna dapat melakukan berbagai hal secara bersama-sama seperti menonton film, berdiskusi, dan lain-lain.

Privasi dan Keamanan data

         Apple vision pro diciptakan dengan privasi dan keamanan yang kuat sehingga pengguna tetap dapat menjaga dan mengontrol data mereka. Tampilan pengguna saat menavigasi Apple Vision Pro tetap bersifat pribadi. Apple Vision Pro menggunakan Optic ID, yaitu sistem autentikasi yang menganalisis iris mata pengguna di bawah berbagai paparan cahaya LED yang tidak terlihat, lalu membandingkannya dengan data ID Optic terdaftar yang dilindungi oleh Secure Enclave untuk membuka kunci Apple Vision Pro secara instan. Data ID Optik pengguna tersebut sepenuhnya dienkripsi sehingga data tidak dapat diakses oleh aplikasi dan tidak tersimpan dalam server Apple.

Akankah Apple Vision Pro Menggantikan Keberadaan Smartphone?

Dikutip dari CNBC Indonesia, CEO Apple Tim Cook mengatakan bahwa Apple Vision Pro adalah penentu masa depan. Cook juga mengatakan bahwa Mac membawa inovasi komputasi personal dan iPhone membawa inovasi komputasi mobil, dan Apple Vision Pro akan membawa inovasi komputasi spasial. Ia juga mengatakan bahwa Apple membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menghadirkan iPhone yang menjadi cikal-bakal kelahiran Smartphone. Tidak menutup kemungkinan juga kebiasaan Masyarakat menggunakan smartphone akan terulang kembali dengan Vision Pro, tetapi ia tidak mengatakan lebih lanjut apakah teknologi ini akan menggantikan iPhone atau tidak.

(Naqiya/POTLOT)

Artikel ini telah dibaca 62 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Doxing di Kalangan Mahasiswa: Fenomena yang Mengkhawatirkan

31 Mei 2024 - 14:16 WIB

Upaya Pengelolaan Stress dalam Kehidupan Mahasiswa

18 Mei 2024 - 14:28 WIB

Investor muda mendominasi pasar modal : Faktor ketertarikan Gen Z terhadap investasi 

9 Mei 2024 - 18:23 WIB

Strategi Pembelajaran Abad 21 (Abad Digital)

6 Mei 2024 - 10:00 WIB

Mitigasi Sebagai Upaya Mengurangi Risiko Bencana Alam

1 Mei 2024 - 10:11 WIB

Membentuk Keyakinan melalui Keterampilan Berbicara di Depan Umum 

27 April 2024 - 14:55 WIB

Trending di Artikel