Menu

Mode Gelap
 

Artikel · 24 Mar 2024 10:44 WIB

INDONESIA DARURAT PERUBAHAN IKLIM: DAMPAK DAN SOLUSINYA


INDONESIA DARURAT PERUBAHAN IKLIM: DAMPAK DAN SOLUSINYA Perbesar

Salah satu ancaman global saat ini adalah perubahan iklim atau climate change, termasuk Indonesia. Indonesia merupakan negara besar yang memiliki banyak sekali pulau didalamnya. Hal tersebut berpengaruh besar terhadap dampak dari perubahan iklim di Indonesia. Perubahan iklim yang merupakan akibat dari penumpukan gas karbondioksida atau CO2 di atmosfer karena penggunaan bahan bakar fosil. Perubahan iklim adalah perubahan cuaca suatu wilayah maupun global. Perubahan iklim meliputi kenaikan permukaan air laut, kekeringan, perubahan tata ekosistem, dan banjir. 

DAMPAK PERUBAHAN IKLIM

  1. Pemanasan Global

Pemanasan global sangat erat kaitannya dengan perubahan iklim. Pemanasan global merupakan kenaikan suhu rata-rata suatu wilayah. Pemanasan global memiliki dampak yang sangat nyata, yaitu mencairnya gletser di benua antartika yang mengakibatkan kenaikan volume air laut. Berdasarkan pengamatan BMKG, rata-rata suhu Indonesia tahun 2023 adalah 27,2°C yang merupakan suhu terpanas ke-2 setelah tahun 2016 berdasarkan periode tahun 1981-2023.

  1. Kekeringan 

Indonesia termasuk negara dengan iklim tropis. Pada saat memasuki musim panas, banyak daerah yang mengalami kekeringan karena cuaca yang terlalu panas dan intensitas curah hujan yang rendah. Sehingga sumber mata air daerah tersebut mengalami kekeringan dan Masyarakat kekurangan air bersih.

  1. Cuaca Ekstrim

Cuaca ekstrim juga salah satu dampak dari perubahan iklim. Cuaca ekstrim merupakan perubahan cuaca yang sangat terjadi secara signifikan. Puting beliung, hailstone, El Nino, La Nina, dan siklon merupakan contoh dari cuaca ekstrim. Baru baru ini terjadi angin puting beliung di daerah Jawa Barat, fenomena tersebut sangat jarang terjadi di Indonesia dan menjadi tanda bahwa Indonesia mengalami perubahan iklim.

  1. Banjir

Banjir merupakan terendamnya suatu wilayah dengan air. Banjir terjadi karena intensitas curah hujan yang terlalu tinggi. Jika volume air laut sudah mengalami kenaikan dan curah hujan yang tinggi, maka akan terjadi banjir pada suatu daerah. Saat ini Kabupaten Demak, Jawa Tengah, sedang mengalami musibah banjir karena hujan terus-menerus di daerah Demak yang mengakibatkan sekitar 90 desa di 11 kecamatan tergenang banjir dan warga desa terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. 

  1. Menurunnya Kualitas Hasil Pertanian dan Perkebunan

Tanaman pada sektor pertanian dan Perkebunan juga mengalami dampak dari perubahan iklim. Tanaman yang tidak mampu beradaptasi dengan perubahan cuaca maka akan mati dan yang mampu bertahan hidup akan mengalami penurunan kualitas, kuantitas, dan fisik. Langkanya bahan pokok dan meningkat nya harga bahan makanan menjadi akibat dari penurunan kualitas dan kuantitas panen.

  1. Banyaknya Penyebaran Penyakit

Perubahan iklim menyebabkan banyak Masyarakat terjangkit penyakit. Seperti saat terjadi banjir, rawan terkena penyakit leptospirosis, saat hujan berkepanjangan banyak yang terjangkit flu, demam, demam berdarah, dan typus. Jika saat kemarau panjang, sangat umum terjadi dehidrasi.

SOLUSI PENCEGAHAN PERUBAHAN IKLIM

  1. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Kendaraan motor dengan bahan bakar fosil akan memperburuk perubahan iklim. Pemerintah mulai menerapkan Net Zero Emission yang berfokus untuk beralih ke kendaraan yang bebas emisi.

  1. Reboisasi Hutan Gundul

Hutan memiliki peran penting dalam penyerapan gas karbondioksida CO2. Sehingga dengan adanya reboisasi hutan gundul akan membantu memaksimalkan penyerapan gas CO2.

  1. Memperkuat Peraturan Pemerintah Mengenai Ancaman Perubahan Iklim

Pada setiap negara memiliki peraturan untuk menjaga lingkungan dan mencegah perubahan iklim, namun individu-individu yang berperan penting dalam memberikan dampak nyata melalui perilaku. Perilaku individu yang tidak dapat mengikuti aturan yang sudah ditetapkan, maka peraturan tersebut menjadi tidak efektif

Kita sebagai warga negara wajib menjaga lingkungan sebagai upaya pencegahan perubahan iklim yang berkelanjutan demi masa depan Negara Indonesia.

(Rasyiqa/POTLOT)

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Doxing di Kalangan Mahasiswa: Fenomena yang Mengkhawatirkan

31 Mei 2024 - 14:16 WIB

Upaya Pengelolaan Stress dalam Kehidupan Mahasiswa

18 Mei 2024 - 14:28 WIB

Investor muda mendominasi pasar modal : Faktor ketertarikan Gen Z terhadap investasi 

9 Mei 2024 - 18:23 WIB

Strategi Pembelajaran Abad 21 (Abad Digital)

6 Mei 2024 - 10:00 WIB

Mitigasi Sebagai Upaya Mengurangi Risiko Bencana Alam

1 Mei 2024 - 10:11 WIB

Membentuk Keyakinan melalui Keterampilan Berbicara di Depan Umum 

27 April 2024 - 14:55 WIB

Trending di Artikel