Menu

Mode Gelap
 

Artikel · 15 Jul 2024 18:58 WIB

Cara Membuat Visa Jepang, Bisa Multiple Entry loh!


Cara Membuat Visa Jepang, Bisa Multiple Entry loh! Perbesar

Gunung Fuji Telah Dibuka untuk Pendakian, 3 Kematian Pendaki Terjadi dalam  24 Jam

Negeri sakura? Ya, Jepang namanya. Negara dengan berbagai macam kultur budaya dan tradisi serta pemandangan gunung fuji yang menakjubkan menjadi salah satu destinasi wisata yang menjadi incaran wisatawan lokal maupun mancanegara. Sebelum berlibur ke luar negeri, ada beberapa hal yang harus kalian siapkan ya!

Selain uang cash, obat – obatan, dan baju, ada perlengkapan yang lebih esensial dan menjadi prasyarat masuk ke dalam Negara tetangga, pembuatan visa salah satunya. Visa menjadi perlengkapan traveling esensial selain paspor. Jadi, buat kalian yang ingin berlibur ke negerinya bunga sakura dan pesona gunung fuji harus tau nih cara pembuatan visa Jepang yang simple dan mudah. Yuk cek info nya disini!

Cara Membuat Visa Jepang yang Simple dan Mudah

Visa adalah dokumen wajib yang diterbitkan oleh suatu Negara dimana umumnya berisi izin untuk masuk sekaligus keluar dari negara tersebut. Tanpa adanya visa, seorang yang masuk Negara asing dianggap illegal. Nah biar makin afdol liburannya, yuk simak langkah – langkah dan syarat pembuatan visa Jepang ya!

  1. Mempersiapkan dokumen prasyarat untuk membuat visa Jepang

Berikut adalah syarat visa Jepang menurut website resmi Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia :

  • Permohonan visa Jepang
  • Paspor, minimal masa berlaku 6 bulan
  • Pasfoto terbaru (6 bulan terakhir), ukuran 4,5 cm x 4,5 cm
  • Fotokopi KTP
  • Bukti Pemesanan tiket pulang-pergi Jepang
  • Jadwal itinerary
  • Rekening Koran atau fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir
  1. Mengajukan permohonan visa Jepang ke JVAC

Setelah mempersiapkan seluruh dokumen dan persyaratan visa Jepang, proses pengajuan dan pengambilan visa Jepang dilakukan di Japan Visa Application Center (JVAC) yang berada di Kuningan City Mall, lantai 2. Perlu kamu ketahui, pengajuan visa hanya bisa dilakukan dengan sistem reservasi. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan reservasi terlebih dahulu atau konsultasi lewat surel atau nomor telepon instansi. 

  1. Menunggu proses aplikasi visa Jepang

Selanjutnya adalah langkah termudah dalam cara apply visa Jepang, yakni menunggu proses aplikasi visa Jepang. Proses pembuatan visa Jepang di JVAC biasanya memerlukan waktu minimal 4 hari kerja. Contoh, jika kamu apply visa Jepang pada hari Selasa, maka kamu bisa cek kembali permohonan di JVAC pada hari senin pekan berikutnya. Meski demikian, kamu disarankan untuk memberi jarak saat mengurus visa Jepang. Jangan terlalu mepet dari jadwal keberangkatan! Usahakan kamu sudah mengajukan visa minimal 2 bulan sebelum berkunjung ke Jepang. 

  1. Proses akhir dari Cara Membuat Visa Jepang, Mengambil Paspor dan Visa!

Yap, setelah pengajuan visa kamu diterima, maka kamu dapat mengambil paspor dan juga visa yang kamu ajukan. Waktu pengajuan aplikasi antara jam 9:00 WIB – 17:00 WIB, dan jam pengambilan paspor antara jam 10:00 WIB – 15:00 WIB. Jangan lupa untuk membawa tanda terima yang diberikan saat proses pengajuan aplikasi pendaftaran. Kamu hanya perlu menaruh tanda terima tersebut di sebuah keranjang dan menunggu giliran kamu dipanggil. Sekarang waktunya persiapan terbang ke Jepang, Yuk!

Berapa Biaya Visa ke Jepang? 

Berikut ini daftar biaya visa ke Jepang menurut Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia :

  • Visa Single Entry : Rp 330.000
  • Visa Multiple Entry : Rp 650.000
  • Visa Transit : Rp 80.000

Perlu kamu perhatikan juga bahwa JVAC hanya menerima uang tunai. Oleh karena itu, siapkan uang dalam bentuk uang pas sesuai dengan daftar diatas ya. 

Syarat Masuk ke Jepang

Nah, kini berkunjung ke Jepang jadi lebih menyenangkan. Hal ini dikarenakan, Indonesia sudah masuk ke daftar Negara dengan klasifikasi “BLUE”. Jadi, sebagai warga Negara Indonesia, kamu :

  • Sudah bebas dari keharusan tes PCR ulang saat tiba di Jepang
  • Bebas dari karantina saat kedatangan.

Menurut informasi dari Kementerian Luar Negeri Jepang, sertifikat vaksinasi dan tes Covid atau PCR pra – keberangkatan tidak lagi diperlukan untuk memasuki Jepang. 

Asiikkk! gimana nih? Cara membuat visa Jepang di atas sangat mudah dan lengkap banget kan? Kamu hanya perlu teliti dalam mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan agar proses penyetujuan visa kamu menjadi lebih mudah, cepat, dan lancar. Nah, visa sudah di tangan lalu tunggu apalagi? Yuk persiapkan dirimu untuk memilih destinasi menarik apa saja yang akan kamu kunjungi selama di Jepang!

(Bella/POTLOT)

Artikel ini telah dibaca 147 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Self-Compassion: 5 Cara Efektif Mengurangi Stres Mahasiswa

11 Oktober 2024 - 19:36 WIB

TEROR KREAK MAKIN MERESAHKAN

29 September 2024 - 20:48 WIB

Kewirausahaan untuk Mahasiswa: Peluang dan Tantangan di Era Digital

24 September 2024 - 17:36 WIB

Polemik Kebijakan Foodtruck: Akankah Tepat Sasaran?

21 September 2024 - 19:59 WIB

Coming Soon Mas dan Mbak Undip 2024 : Siapkah Anda Menjadi Sosok Inspiratif ?

14 September 2024 - 19:32 WIB

Paus Fransiskus yang Bersahaja

7 September 2024 - 14:43 WIB

Trending di Artikel