Menu

Mode Gelap
 

Berita · 11 Agu 2023 21:00 WIB

Keren! Mahasiswa KKN Undip Sulap Data Mentah Kependudukan Menjadi Infografis yang Menarik


Keren! Mahasiswa KKN Undip Sulap Data Mentah Kependudukan Menjadi Infografis yang Menarik Perbesar

Penyerahan Standing Banner Oleh Mahasiswa KKN Undip Kepada Kepala Desa Tiyaran

Tiyaran, Kabupaten Sukoharjo (31/07/2023) – Kolaborasi antara mahasiswa KKN Undip dengan perangkat Desa Tiyaran mewujudkan visualisasi data kependudukan yang informatif bagi masyarakat Desa Tiyaran. Kagiatan ini diinisiasi oleh Ageng Prihantoro, yang merupakan salah satu mahasiwa KKN Universitas Diponegoro dengan Program Studi Statistika. Kegiatan ini bertujuan untuk memvisualisasikan data kependudukan Desa Tiyaran yang informatif dan menarik, sehingga masyarakat dapat lebih mudah memahami informasi tentang kependudukan serta potensi-potensi yang ada di desanya.

“Di sini (Kantor Kepala Desa Tiyaran), belum terdapat infografis kependudukan yang memudahkan masyarakat mengetahui tentang desanya, padahal terdapat data kependudukan yang sudah tercatat. Olek karena itu, saya berencana untuk bekerjasama dengan peringkat desa dalam mewujudkan visualisasi data kependudukan yang informatif dan menarik”, ujar Ageng selaku inisiator program visualisasi data kependudukan Desa Tiyaran.

Diskusi Mahasiswa KKN Undip dengan Perangkat Desa dalam Penyusunan Infografis Kependudukan

Program ini dilakukan pada Hari Senin, 31 Juli 2023 di Kantor Kepala Desa Tiyaran. Ageng Prihantoro selaku inisiator program mulai berdiskusi dengan salah satu staf Kantor Kepala Desa Tiyaran yaitu Ibu Rosita dalam pemenuhan kelengkapan data kependudukan. Data mentah yang didapat kemudian diolah dan dianalisis menjadi informasi yang lebih mudah dipahami. Hasil analisis ini disajikan dalam berntuk infografis yang menarik dan informatif. Proses ini melibatkan visualisasi data, pengolahan grafis, dan desain untuk memastikan infografis yang dihasilkan sesuai dengan tujuan program.

Desain Infografis Kependudukan Desa Tiyaran

Sebagai hasil dari program tersebut, mahasiswa KKN Undip memberikan sebuah standing banner berisi informasi tentang kependudukan Desa Tiyaran yang diserahkan langsung kepada Bapak Sunardi, S.P. selaku Kepala Desa Tiyaran. Banner tersebut akan diletakan di Kantor Kepala Desa Tiyaran agar dapat dilihat langsung oleh masyarakat yang berkunjung. Dengan adanya banner ini diharapkan masyarakat dapat lebih mudah memahami informasi tentang kependudukan dan potensi-potensi di desanya dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya data kependudukan. Selain itu, informasi yang disajikan dapat digunakan sebagai dasar perencanaan dan pengambilan keputusan di tingkat desa. (Ageng Prihantoro/Statistika Universitas Diponegoro)

Artikel ini telah dibaca 218 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Peresmian Muladi Dome: Gedung Serba Guna Terbesar di Jawa Tengah Milik Universitas Diponegoro

12 April 2024 - 09:22 WIB

Perayaan Idul Fitri: Kisah Inspiratif di Balik Perayaan Idul Fitri yang Mengharukan

11 April 2024 - 07:43 WIB

Gempa Bumi Tuban-Bawean : 2.393 Rumah Rusak, 9.648 Orang Mengungsi

25 Maret 2024 - 18:50 WIB

SAH! KPPR FSM TETAPKAN KETUA-WAKIL BEM FSM DAN SENATOR FSM 2024

16 Januari 2024 - 14:27 WIB

FSM BERGERAK MENCARI PENGGANTI ‘IBU’, RAPOR MERAH DI AKHIR KEPEMIMPINAN?

21 November 2023 - 09:10 WIB

SM FSM GELAR DISKUSI TERBUKA TERKAIT KONTROVERSI ISI PERSEMA PEMIRA: TUJUANNYA APA?

12 November 2023 - 17:07 WIB

Trending di Berita