Menu

Mode Gelap
 

Berita · 11 Agu 2023 21:36 WIB

Waspada Akan Bencana! KKN Undip Inisiasikan Program Siaga Gempa pada Siswa Sekolah Dasar


Waspada Akan Bencana! KKN Undip Inisiasikan Program Siaga Gempa pada Siswa Sekolah Dasar Perbesar

Pelaksanaan Program Monodisiplin Siaga Gempa di SDN Tiyaran 01

Desa Tiyaran, Sukoharjo (09/08/2023) – Kewaspadaan akan bencana menjadi sangat penting mengingat bahwa jumlah korban jiwa dan kehilangan materi yang diakibatkan oleh setiap kejadian bencana tidak bernilai sedikit. Salah satu bencana alam yang patut untuk diwaspadai adalah bencana gempa bumi. Gempa bumi merupakan peristiwa yang waktu dan tempatnya tidak dapat diprediksi. Gempah bumi kerap membuat banyak orang terperangkap di dalam rumah khususnya anak-anak dan orang tua yang tidak sempat menyelamatkan diri ketika gempa berlangsung. Hal tersebut memperlihatkan bahwa kesiapan menghadapi bencana di Indonesia masih tergolong lemah.

Menurut PP No. 21 Tahun 2008, anak-anak sebagai salah satu kelompok rentan yang paling berisiko terkena dampak bencana. Berdasarkan data kejadian bencana di beberapa daerah, mayoritas korban jiwa bencana gempa terjadi pada anak usia sekolah baik di jam sekolah atapun di luar jam sekolah, Hal tersebut menegaskan bahwa pengetahuan terkait waspada akan bencana dan cara memgurangi risiko bencana perlu diberikan sejak dini agar anak-anak dapat memahami dan mengambil langkah yang tepat untuk menyelamatkan diri saat bencana gempa terjadi. Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko akibat bencana gempa bumi, Norma Triana inisiasikan program siaga gempa pada anak usia dini melalui program kerja monodisiplin KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2023 dengan tujuan agar anak-anak dapat mengetahui bagaimana cara menyelamatkan diri yang tepat saat terjadi bencana.

Program tersebut dilaksanakan pada Jumat, 27 Juli 2023 pukul 09.30-11.00 bertempat di SDN Tiyaran 01. Target dari kegiatan ini adalah siswa kelas 5 dan 6 SDN Tiyaran 01. Dalam pelaksanaannya, Norma Triana menyerahkan denah jalur evakuasi, rambu-rambu, dan titik kumpul (Assembly Point) sebagai atribut pelaksanaan program siaga gempa.

Pemasangan dan Pemberian Atribut Jalur Evakuasi Program Siaga Gempa

Selama pelaksanaan program siaga gempa, suasana antusias dihadirkan oleh para siswa menciptakan suasana belajar yang sangat efektif. Edukasi yang diberikan berupa upaya penyelamatan diri yang harus dilakukan saat terjadi gempa dan teknik evakuasi mendiri seperti berlindung dibawah meja, jauhi kaca, serta berlari ketempat terbuka.  Dikarenakan sasarannya adalah siswa kelas 5 dan 6, maka penyampaian materi dikemas secara menarik dengan lagu dan setiap anak juga akan melakukan simulasi secara bersamaan.

Suasana Pelaksanaan Demonstrasi Program Siaga Gempa

Program Siaga Gempa pada Anak Usia dini ini juga meraih umpan balik yang memuaskan dari para peserta dan Bapak/Ibu Guru melalui ungkapan “Kami senang dengan pelaksanaan program siaga gempa yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN ini. Program ini menghadirkan dampak postif bagi siswa kami karena tidak hanya mendapat pengetahuan tentang gempa dan cara menghadapinya tetapi juga mendapat pengalaman pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif” ujar Bapak Wagiyo selaku Kepala Sekolah SDN Tiyaran 01.

Harapan terselenggaranya program ini yaitu mampu menjadi ajang pembelajaran dan perkenalan awal pada mitigasi bencana bagi siswa sehingga apabila terjadi gempa bumi, siswa dapat tetap tenang, tidak panik, dan mengetahui upaya penyelamatan diri yang harus dilakukan.

Tim II KKN Universitas DIponegoro

Penulis: Norma Triana Kusdianingrum

Lokasi: Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah

Artikel ini telah dibaca 41 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Peresmian Muladi Dome: Gedung Serba Guna Terbesar di Jawa Tengah Milik Universitas Diponegoro

12 April 2024 - 09:22 WIB

Perayaan Idul Fitri: Kisah Inspiratif di Balik Perayaan Idul Fitri yang Mengharukan

11 April 2024 - 07:43 WIB

Gempa Bumi Tuban-Bawean : 2.393 Rumah Rusak, 9.648 Orang Mengungsi

25 Maret 2024 - 18:50 WIB

SAH! KPPR FSM TETAPKAN KETUA-WAKIL BEM FSM DAN SENATOR FSM 2024

16 Januari 2024 - 14:27 WIB

FSM BERGERAK MENCARI PENGGANTI ‘IBU’, RAPOR MERAH DI AKHIR KEPEMIMPINAN?

21 November 2023 - 09:10 WIB

SM FSM GELAR DISKUSI TERBUKA TERKAIT KONTROVERSI ISI PERSEMA PEMIRA: TUJUANNYA APA?

12 November 2023 - 17:07 WIB

Trending di Berita