Menu

Mode Gelap
 

Berita · 11 Agu 2023 21:45 WIB

Cegah Stunting!! TIM II KKN UNDIP Gelar Edukasi Penanganan Gizi Buruk


Cegah Stunting!! TIM II KKN UNDIP Gelar Edukasi Penanganan Gizi Buruk Perbesar

Sukoharjo – Cegah stunting, mahasiswa KKN TIM II UNDIP sosialisasikan gerakan memasyarkatkan makan ikan ke posyandu di Desa Tiyaran. Sosialisasi ini dihadiri oleh bidan desa, ahli gizi puskesmas bulu, kader posyandu, ibu hamil, dan ibu dari anak balita pada hari Kamis, (27/7) Di Pendopo Kantor Desa Tiyaran.

Bidan Desa Tiyaran menyampaikan “Pemerintah Desa Tiyaran bekerjasama dengan Tim Ahli Gizi dari Puskesmas Bulu terus gencarkan berbagai kegiatan terkait penurunan angka stunting di Desa Tiyaran”. Sejalan dengan hal tersebut, Universitas Diponegoro menerjunkan mahasiswa KKN TIM II Tahun 2023 dengan tema Stunting.

Sosialisasi gemarikan ke ibu hamil dan ibu dari anak balita

Anak anak adalah kelompok yang rentan terhadap penyakit stunting. “Stunting merupakan suatu masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi yang mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak serta menyebabkan terganggunya perkembangan otak pada anak serta anak tumbuh lebih pendek jika dibandingkan dengan anak lain seusianya” Ungkap Dewi Sulistyowati, selaku mahasiswa yang bertugas.

“Dalam upaya penurunan angka stunting, mahasiswa KKN memprogramkan kegiatan edukasi pencegahan stunting dengan program GEMARIKAN” tambahnya. Yang menjadi sasaran dari kegiatan tersebut meliputi ibu hamil, anak-anak balita dan kader-kader kesehatan desa. Kegiatan edukasi yang dilakukan berupa penyuluhan pemenuhan gizi, serta pengenalan produk olahan yang dapat membantu gizi anak berbahan dasar hasil perikanan.

Poster tentang Gemarikan

Ahli gizi dari puskesmas bulu menyampaikan “Kandungan protein yang tinggi didapat dari protein hewani”. Salah satu protein hewani yang memiliki nilai gizi tinggi dan harga terjangkau didapat dari ikan. Ikan mengadung gizi yang bagus mulai dari asam amino, protein, dan omega 3 yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik anak serta meningkatkan kecerdasan otak.

Beragam jenis ikan seperti ikan laut dan ikan air tawar bisa diolah dengan bahan kuliner lain agar asupan gizi bagi anak bisa lebih beragam. Olahan ikan yang dikombinasikan dapat dibuat menjadi bakso,nugget,sup sehingga disukai anak anak.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemenuhan gizi pada ibu hamil dan balita. Pemenuhan gizi yang baik dapat mengatasi peningkatan angka stunting di Desa Tiyaran” kata Dewi Sulistyowati, selaku mahasiswa TIM II KKN UNDIP yang bertugas.

Keberlanjutan program ini yaitu dengan penempelan poster GEMARIKAN di beberapa posyandu yang ada di Desa Tiyaran sebagai bahan literasi masyarakat terutama ibu-ibu yang memiliki balita dan anak-anak. Diharapkan melalui kegiatan ini masyarakat mengetahui pentingnya makan ikan yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan mampu mencegah terjadinya stunting pada anak-anak.

Penulis : Dewi Sulistyowati

DPL       : Bogi Budi Jayanto, S.Pi., M. Si.

Artikel ini telah dibaca 53 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Peresmian Muladi Dome: Gedung Serba Guna Terbesar di Jawa Tengah Milik Universitas Diponegoro

12 April 2024 - 09:22 WIB

Perayaan Idul Fitri: Kisah Inspiratif di Balik Perayaan Idul Fitri yang Mengharukan

11 April 2024 - 07:43 WIB

Gempa Bumi Tuban-Bawean : 2.393 Rumah Rusak, 9.648 Orang Mengungsi

25 Maret 2024 - 18:50 WIB

SAH! KPPR FSM TETAPKAN KETUA-WAKIL BEM FSM DAN SENATOR FSM 2024

16 Januari 2024 - 14:27 WIB

FSM BERGERAK MENCARI PENGGANTI ‘IBU’, RAPOR MERAH DI AKHIR KEPEMIMPINAN?

21 November 2023 - 09:10 WIB

SM FSM GELAR DISKUSI TERBUKA TERKAIT KONTROVERSI ISI PERSEMA PEMIRA: TUJUANNYA APA?

12 November 2023 - 17:07 WIB

Trending di Berita